Pengaruh Kepercayaan Merek dan Citra Merek terhadap Keputusan Pembelian Air Minum dalam Kemasan Le Minerale (Studi Kasus Pada Masyarakat Jakarta Timur)

Ellena Nurfazria Handayani(1*) , Sara Maribert(2) , Melani Quintania(3) , Firsan Nova(4)


(1) Universitas Darma Persada
(2) Universitas Darma Persada
(3) Universitas Darma Persada
(4) Universitas Darma Persada
(*) Corresponding Author

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kepercayaan merek dan citra merek terhadap keputusan pembelian air minum dalam kemasan Le Minerale pada masyarakat di Jakarta Timur. Jenis penelitian ini adalah kausalitas dengan pendekatan analisis kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah pelanggan merek Le Minerale yang mengonsumsi produk sebanyak 4 kali dalam 2 bulan terakhir, dan penentuan sampel akhir sebanyak 100 responden. Teknik analisis data menggunakan regresi linier berganda, yang mensyaratkan validitas data dan reliabilitas instrumen penelitian. Kesimpulan dari penelitian ini adalah kepercayaan merek dan citra merek berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian air minum dalam kemasan Le Minerale pada masyarakat di Jakarta Timur. Kedua variabel tersebut memiliki probabilitas signifikansi sebesar 0,000 dan berkontribusi sebesar 70,6%. Kemudian, secara parsial kepercayaan merek dan citra merek berpengaruh terhadap keputusan pembelian konsumen merek Le Minerale, dengan probabilitas signifikansi masing-masing sebesar 0,000.

Keywords


Kepercayaan Merek; Citra Merek; Keputusan Pembelian

References


Aaker, D. (2010). Manajemen Ekuitas Merek. (A. Ananda, Trans.) Jakarta: Mitra Utama.

Aditiya, I. (2024, April 5). Air Mineral Kemasan Favorit Orang Indonesia Saat Berbuka Puasa di 2024. Retrieved Desember 2024, from GoodStats v3.0.5.: https://goodstats.id/article/air-mineral-kemasan-favorit-orang-indonesia-saat-berbuka-puasa-di-2024-jcjlg#google_vignette

Adiwidjaja, A., & Tarigan, E. H. (2017). Pengaruh Brand Image dan Brand Trust terhadap Keputusan Pembelian Sepatu Converse. AGORA, 5(3), 135090.

Afisa, M., & Muhajirin. (2024). Pengaruh Brand Awareness dan Brand Trust terhadap Keputusan Pembelian Pada Produk Revlon. Journal of Student Research, 2(2), 210-220. doi:10.55606/jsr.v2i2.2874

Albreem, M., Sheikh, A., Alsharif, M., Jusoh, M., & Mohd Yasin, M. (2021). Green Internet of Things (GIoT): Applications, Practices, Awareness, and Challenges. IEEE Access, 9, 38833-38858. doi:10.1109/ACCESS.2021.3061697

Alma, B. (2018). Manajemen Pemasaran dan Pemasaran Jasa (Edisi 1, Cetakan 2). Bandung: Alfabeta.

Ardiyan, A., Rizal, M., & Arsyianto, M. (2024). Pengaruh Kepercayaan Merek, Kualitas Produk, Desain Produk Dan Diferensiasi Produk terhadap Keputusan Pembelian (Studi Kasus Pada Konsumen Mobil Merek Honda di Kota Malang. E-JRM: Elektronik Jurnal Riset Manajemen, 13(01), 273-284.

Christina, Y., & Purba, T. (2022). Pengaruh Citra Merek, Kualitas Produk dan Penjualan Pribadi Terhadap Keputusan Pembelian Produk MaxTea Tarikk Pada PT Sinar Mitra Usaha. ECo-Buss , 4(3), 569-581. doi:10.32877/eb.v4i3.289

Delgado?Ballester, E., & Munuera?Alemán, J. (2005). Does brand trust matter to brand equity? Journal of Product and Brand Management, 14(3), 187-196. doi:10.1108/10610420510601058

Eka Wintari, N., Sutapa, I., & Mekarini, N. (2021). Pengaruh Promosi dan Citra Merek terhadap Keputusan Konsumen dalam Membeli Minuman di Blu Bar De Vins Sky Hotel Seminyak Bali. Journal of Tourism and Interdiciplinary Studies, 1(1), 19-24. doi:10.51713/jotis.v1i1.47

Ellington, R. (2022, February 21). How the Internet of Things is Revolutionising the Packaging Industry. Retrieved 2024, from https://www.packaging-gateway.com/features/how-iot-is-revolutionising-the-packaging-industry/?cf-view

Firmansyah, A. (2019). Pemasaran Produk dan Merek (Planing & Strategy). Surabaya: Qiara Media.

Ghozali, I. (2021). Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program IBM Statistik SPSS 26 (10th Ed.). Semarang: Badan Penerbit Universitas Dipenogoro.

Gunantha, I., & Maskur, A. (2022). Pengaruh Kualitas Produk, Citra Merek, dan Persepsi Harga terhadap Keputusan Pembelian Pada Produk Ms. Glow Beauty (Studi Pada Konsumen Ms. Glow Beauty di Kota Semarang). SEIKO: Journal of Management & Business, 5(2), 579-589. doi:10.37531/sejaman.v5i2.3291

Hasibuan, M. S. (2021). Manajemen Sumber Daya Manusia (Reguler Ed., Cetakan 25). Jakarta: PT Bumi Aksara Group.

Husain, T. (2025) FIFA World Cup 2022 Prediction and Actual Results with Logistic Regression Algorithm: An Evaluation. European Journal of Applied Science, Engineering and Technology, 3(1), 189-199. doi:10.59324/ejaset.2025.3(1).17

Husain, T., Ardhiansyah, M., & Fathudin, D. (2021). Confirmatory factor analysis: Model testing of financial ratio's with decision support systems approach. International Journal of Advances in Applied Sciences (IJAAS), 10(2), 115-121. doi:10.11591/ijaas.v10.i2.pp115-121

Jonathan, W. (2023). Pengaruh Brand Image dan Brand Trust terhadap Keputusan Pembelian pada Sepatu Sneakers Merek Adidas dan Nike di Kota Palembang. Konsumen & Konsumsi: Jurnal Manajemen, 2(3), 491-506. doi:10.32524/kkjm.v2i3.856

Kosolapova, N., Matveeva, L., Nikitaeva, A., & Molapisi, L. (2021). The Rational Use of Water Resources in the Strategy of Industry 4.0. Water Resources Management, 35, 3023-3041. doi:10.1007/s11269-021-02889-1

Kotler, P., & Keller, K. (2021). Marketing Management (16th Ed.). New York: Pearson Education.

Kurnia, U., & Krisnawati, W. (2023). Brand Image, Brand Trust dan Electronic Word Of Mouth kepada Pembelian Erigo di Kabupaten Gresik Oleh Turunan Z. MASTER: Jurnal Manajemen dan Bisnis, 3(1), 1-11. doi:10.30595/jmbt.v3i1.17420

Maharani, V., & Saputro, E. (2024). Pengaruh Influencer, Brand Image, dan Product Quality terhadap Keputusan Pembelian pada Produk Skincare Skintific. El-Mal: Jurnal Kajian Ekonomi & Bisnis Islam, 5(3), 1899-1914. doi:10.47467/elmal.v5i3.6190

Mangkunegara, A. A. (2020). Manajemen Sumber Daya Manusia (XIV Ed.). Bandung: PT Remaja Rosda Karya.

Nainggolan, N., & Parinduri, T. (2020). Pengaruh Potongan Harga dan Bonus terhadap Pembelian Konsumen Minimarket Indomaret Serbelawan. Manajemen: Jurnal Ekonomi, 2(1), 54-64. doi:10.36985/manajemen.v2i1.340

Nasution, S. W. (2013). Analisis Strategi Bauran Pemasaran Terhadap Peningkatan Kuantitas Transaksi Surety Bond Pada PT. Asuransi Jasaraharja Putera Cabang Medan. Medan: Universitas Sumatera Utara.

Official: https://www.leminerale.com/. (2024, Februari 1). Alasan Mengapa Le Minerale Berhasil Menangkan Awards Jadi Pilihan Bunda dan Keluarga. Retrieved from Articles: https://www.leminerale.com/article/detail/Alasan-Mengapa-Le-Minerale-Berhasil-Menangkan-Awards-Jadi-Pilihan-Bunda-dan-Keluarga

Quintania, M., Julius, Y., & Limakrisna, N. (2023). Influence of Service Quality, Trust, and Timely Delivery of Satisfaction Customer on J&T Express Branch Cikarang West. Journal of Accounting and Finance Management, 4(2), 192-200. doi:10.38035/jafm.v4i2.214

Razzaq, A., Altamimi, A., Alreshidi, A., Ghayyur, S. K., Khan, W., & Alsaffar, M. (2023). IoT Data Sharing Platform in Web 3.0 Using Blockchain Technology. Electronics, 12(5), 1233. doi:10.3390/electronics12051233

Rehansyah, F., & Simatupang, L. (2023). Pengaruh Desain Produk, Citra Merek dan Gaya Hidup terhadap Keputusan Pembelian Sepatu Olahraga Merek Adidas (Studi Pada Mahasiswa FEB Universitas Satya Negara Indonesia). Jurnal Manajemen, 7(2), 20-32. doi:10.54964/manajemen.v7i2.244

Saputri, L., & Utomo, A. (2021). Pengaruh Brand Image, Kualitas Produk, dan Harga terhadap Keputusan Pembelian Sepatu Converse di Surakarta. Excellent, 8(1), 92-103. doi: 10.36587/exc.v8i1.911

Saragih, H., & Husain, T. (2012). Pengaruh Fitur-Fitur Blog terhadap Continuance Intention to Visit Blogs pada Toko Online Multiply. Journal of Computer Information, 1(1), 5-18.

Shah, K., Patel, H., Sanghvi, D., & Shah, M. (2020). A Comparative Analysis of Logistic Regression, Random Forest, and KNN Models for the Text Classification. Augmented Human Research, 5(12). doi:10.1007/s41133-020-00032-0

Sugiyono. (2023). Metode Penelitian Kombinasi (Mixed Methods) dengan 9 Desain (2nd Ed., Cetakan. 2). Bandung: Alfabeta.

Supranto, J., & Limakrisna, N. (2019). Tesis dan Disertasi (5th Ed.). Bogor: Penerbit Mitra Wacana Media.

Top Brand Award. (2024). Top Brand Index: Air Minum dalam Kemasan (Fase 2). Retrieved Desember 2024, from https://www.topbrand-award.com/top-brand-index/?tbi_year=2024&type=brand&tbi_find=le%20minerale

Widodo, B.S. (2021). Metode Penelitian Pendidikan: Pendekatan Sistematis dan Komprehensif (Cetakan 1). Yogyakarta: Eiga Media.




DOI: https://doi.org/10.36587/exc.v12i1.1894

Article Metrics

Abstract views: 37 | PDF (Bahasa Indonesia) views: 28

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


International Standard Serial Number
 

ISSN PRINT: 1979-2700 ISSN ONLINE: 2747-2833

Journal Excellent
 

Journal

Editorial Team
Focus and Scope
Peer Review Process
Publication Ethics
Screening for Plagiarism

Authors

Author Guidelines
Submission Guidelines
Online Submissions
Copyright Notice
Privacy Statement
Author Fees

Download

Author Pack
Article Template

 

Reviewer

Reviewer Guidelines
Reviewer Acknowledgement

 

Reader

General Search
Achieves
Author index
Title index

 

 

Excellent (print ISSN 1979-2700 and online ISSN 2747-2833) is published by the Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Adi Unggul Bhirawa, Indonesia. The content of this website is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License
 
©  ExcellentWeb Analytics ExcellentView Statistics