PERSEPSI RESIKO SEBAGAI FAKTOR DOMINAN DALAM KEPUTUSAN MELAKUKAN PEMBELIAN ONLINE (E-COMMERCE)
(1) STIE AUB Surakarta
(2) STIE AUB Surakarta
(*) Corresponding Author
Abstract
kepercayaan konsumen dalam keputusan melakukan pembelian online e-commerce ( pada konsumen e-commerce
dikota Surakarta ). Populasi dalam penelitian ini adalah masyarakat di Kota Surakarta. Sampel yang diambil
berjumlah 110 Masyarakat di Kota Surakarta dan Teknik yang digunakan sampel dalam penelitian ini adalah
purposive sampling. Data yang diolah diperoleh dari data primer berupa kusioner. Sedangkan analisis yang
digunakan adalah analisis uji instrument,uji asumsi klasik,uji analisis regresi linier berganda dan uji hipotesisi (uji F,
uji t dan uji R2). Hasil penelitian analisis regresi linier berganda menunjukan bahwa persepsi manfaat, persepsi
kemudahaan dan resiko berpengaruh positif terhadap kepercayaan konsumen dalam keputusan melakukan
pembelian online e-commerce ( pada konsumen dikoa Surakarta). Uji t menunjukan bahwa hasil persepsi manfaat,
persepsi kemudahaan dan resiko berpengaruh positif signifikan terhadap kepercayaan konsumen dalam melakukan
pembelian online e-commerce (pada konsumen dikota Surakarta). Sedangkan untuk uji F menghasilkan kesimpulan
bahwa secara simultan persepsi manfaat,persepsi kemudahaan dan resiko berpengaruh positif signifikan terhadap
kepercayaan konsumen dalam melakukan pembelian online e-commerce (pada konsumen dikota Surakarta).
Koefisien determinasi (R2) diperoleh dari nilai sebesar 63% sedangkan sisanya 37% dijelaskan variabel lain.
Keywords
Full Text:
UntitledReferences
Ansyah Aldi, (2018) Skripsi Pengaruh Kepercayaan dan Persepsi Risik Terhadap Niat Pembeli Konsumen
Pada Situs E-commerce LAZADA.
Daryadi, (2015). Pengaruh Persepsi Risiko, Kemudahan, dan Manfaat Terhadap Keputusan Pembelian
Secara Online.
Putri Restu Lia, (2016). Pengaruh Kepercayaan, Pengalaman, Manfaat dan Resiko Terhadap minat
Pembeli Untuk Menggunakan Sistem E- Putri Restu Lia, (2016). Pengaruh Kepercayaan,
Pengalaman, Manfaat dan Resiko Terhadap minat Pembeli Untuk Menggunakan Sistem Ecommerce.
Sidharta Iwan, (2014). Pengukuran Persepsi Manfaat dan Persepsi Kemudahaan Terhadap Sikap dan
Dampaknya Atas Penggunaan Ulang Online Shipping pada E-commerce. Jurnal vol. 8 , No. 2,
Desember 2014, 92-100.
Utami Dwi Amalia , (2017) Pengaruh Kepercayaan, Kemudahan, Manfaat dan Resiko Terhadap Minat
Pembeli Untuk Menggunakan Sistem E-commerce(Studi Empiris Pada Mahasiswa Program
Studi Akuntansi Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Muhammadiyah Surakarta)
Viola , Anna, (2009). Pengaruh Kepercayaan (Trust) menggunakan E-commerce Terhadap Keputusan
Pembelian Online. Jurnal, Vol. 05, No. 01, Januari 2019.
Wahyuningtyas, Yunita Fitri dan Dyah Ayu Widiastuti. (2015). Analisis Pengaruh Persepsi Resiko,
Kemudahan dan Manfaat terhadap Keputusan Pembelian Secara Online (Studi Kasus pada
Konsumen Barang Fashion di Facebook). Jurnal Kajian Bisnis. Volume 23. Nomor 2.
DOI: https://doi.org/10.36587/exc.v8i1.883
Article Metrics


Refbacks
- There are currently no refbacks.
International Standard Serial Number |
Journal Excellent |
Excellent (print ISSN 1979-2700 and online ISSN 2747-2833) is published by the Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Adi Unggul Bhirawa, Indonesia. The content of this website is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License |
©  Excellent |