EFEKTIFITAS PENENTUAN KEPUTUSAN PEMBELIAN PADA PERSEROAN KARYA PAK OLES TOKCER DI DENPASAR

I Wayan Gede Antok Setiawan Jodi(1*) , Adi Penawan(2)


(1) Universitas Mahasaraswati Denpasar, Bali
(2) Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi AUB Surakarta
(*) Corresponding Author

Abstract


Penelitian ini mengkaji determinan dan efektivitas keputusan pembelian pada perusahaan Tokcer Karya Pak Oles. Faktor penentu yang diuji efektivitasnya adalah green marketing, persepsi harga, dan electronic word-of-mouth (e-WOM). Jenis penelitian ini menggunakan metode verifikatif untuk menguji hipotesis determinan keputusan pembelian. Subyek penelitian melibatkan 100 responden konsumen pada perusahaan Tokcer Karya Pak Oles di Denpasar. Metode analisis data menggunakan estimasi kemungkinan maksimum dengan pendekatan model persamaan struktural. Pengolahan data menggunakan software AMOS versi 2.00. Hasil penelitian tentang efektivitas pengambilan keputusan pembelian pada Perusahaan Karya Pak Tokcer di Denpasar dibuktikan dengan green marketing, persepsi harga, dan e-WOM yang berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian. Perseroan juga diharapkan untuk terus mengevaluasi harga dan mempertahankan konsep green marketing serta terus berinovasi untuk menghasilkan produk-produk lain untuk mempertahankan keunggulan kompetitif.


Keywords


keputusan pembelian, green marketing, persepsi harga, e-WOM

Full Text:

Untitled

References


Ajzen, I. (1991). The Theory of Planned Behavior. Organizational Behavior and Human Decision Processes, 50(2), 179-211.

Anggraini, N. N., Jodi, I.W.G.A.S., & Putra, D. P. (2020). The Influence of Experiential Marketing and E-Service Quality on E-Satisfaction and Repurchase Intention. Journal of International Conference Proceedings (JICP), 3(2), 50-58.

Ardiani, E., & Sugiyanto. (2020). Pengaruh Word Of Mouth Terhadap Keputusan Pembelian Pakaian Wanita Online Dengan Media Sosial Melalui Minat Beli (Studi Kasus Di Wilayah Cakung, Jakarta Timur Dan Kebon Jeruk, Jakarta Barat). JCA of Economics, 01(02), 430-435.

Bhattacherjee, A. (2001). Understanding Information Systems Continuance: An Expectation-Confirmation Model. MIS Quarterly, 25(3), 351-370.

Bland, C., Center, B., Finstad, D., Risbey, K., & Staples, J. (2005). A theoretical, practical, predictive model of faculty and department research productivity. Academic Medicine, 80(3), 225-237.

BPS. (2018). Statistik Lingkungan Hidup Indonesia (SLHI). Jakarta: Badan Pusat Statistik.

Budiyantara, A., & Suhartono, J. (2017). Perancangan E-Human Resource Management Berbasis Web Pada Pt. Std. Infotech: Journal of Technology Information, 3(2), 29-35.

Dholakia, R. R., & Uusitalo, O. (2002). Switching to electronic stores: consumer characteristics and the perception of shopping benefits. International Journal of Retail & Distribution Management, 30(1), 459-469.

Dinas Lingkungan Hidup Kab.Paser. (2018). https://dlh.paserkab.go.id/detailpost/cara-menjaga-lingkungan-hidup. Retrieved Juni 2021, from https://dlh.paserkab.go.id/detailpost/cara-menjaga-lingkungan-hidup.

Hair, J. F., Black, W. C., Babin, B. J., & Anderson, R. E. (2014). Multivariate Data Analysis (7th, Revised Ed.). London: Pearson Education Limited.

Hedjazi, Y., & Behravan, J. (2011). Study of factors influencing research productivity of agriculture faculty members in Iran. The International Journal of Higher Education and Educational Planning, 62(5), 635-647.

Husain, T. (2017). Analisis Determinan Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Niat Penggunaan Software Audit. Jurnal Ilmiah Matrik, 19(2), 131-150.

Husain, T. (2017). Efektivitas Promotion Mix Terhadap Keputusan Wali Murid Memilih SMA IT Pesantren Nururrahman. Jurnal Ilmiah MBiA, 16(2), 69-78.

Husain, T. (2019). An Analysis of Modeling Audit Quality Measurement Based on Decision Support Systems (DSS). European Journal of Scientific Exploration, 2(6), 1-9.

Husain, T., Ardhiansyah, M., & Fathudin, D. (2021). Confirmatory factor analysis: Model testing of financial ratio's with decision support systems approach. International Journal of Advances in Applied Sciences (IJAAS), 10(2), 115-121.

Jodi, I.W.G.A.S. (2018). Pengaruh Kualitas Pelayanan Dan Kinerja KARYAWAN Terhadap Kepuasan Nasabah Pada PT. BPR Artha Adyamurthi Di Kediri Tabanan. Jurnal Ilmiah Satyagraha, 1(2), 103-110.

Kaptein, M. C., Nass, C., & Markopoulos, P. (2010). Powerful and consistent analysis of likert-type rating scales. In E. Mynatt (Ed.), CHI '10: Proceedings of the SIGCHI Conference on Human Factors in Computing Systems (pp. 2391–2394). Atlanta Georgia USA: SIGCHI.

Khristiana, Y., & Octaviani, A. (2019). Pengaruh Keputusan Pembelian Melalui Online Shopping Pada Mahasiswa STIE AUB Surakarta. EXCELLENT, 6(1), 29-36.

Kotler, P., & Keller, K. (2014). Marketing Management (15 ed.). New Jersey: Pearson Prentice Hall.

Kristiawan, T. A., & Keni. (2020). Pengaruh Packaging, Social Media Marketing dan Electronic Word Of Mouth Terhadap Keputusan Pembelian Busana Brand Lokal. DeReMa (Development of Research Management): Jurnal Manajemen, 15(2), 244-256.

Mahyarni. (2013). Theory Of Reasoned Action Dan Theory Of Planned Behavior (Sebuah Kajian Historis tentang Perilaku). Jurnal El-Riyasah, 4(1), 13-29.

Nikmah, F., Hasan, H., & Mardika, E. P. (2018). Pengaruh Green Marketing Terhadap Keputusan Pembelian Produk Tupperware. Khazanah Ilmu Berazam, 1(2), 1-6.

Parhusip, A. A., Kiem, S. R., & Dalimunthe, T. K. (2021). Pengaruh Persepsi Harga Dan Promosi Terhadap Keputusan Pembelian Belanja Online Dengan Produk Sebagai Variabel Intervening (Studi Kasus Pengguna, Aplikasi Belanja Online Lazada Di Kota Medan). Accumulated Journal: Accounting & Management, 3(1), 14.

Pasupati, B. (2020). Pengaruh Konservatisme Akuntansi Terhadap Penilaian Ekuitas Perusahaan. BHIRAWA: Journal of Marketing and Commerce, 5(1), 16-24.

Priyanka, D. F., & Septrizola, W. (2019). Pengaruh Green Product dan Green Promotion terhadap Brand Image PT Suzuki Indomobil di Kota Padang. Jurnal Kajian Manajemen dan Wirausaha, 01(01), 344-348.

Prokopenko, O., & Ossik, Y. (2015). GREEN MARKETING. Karaganda: KSU Publishing House.

Putranto, A. T. (2020). The Effect of Price towards Consumer Satisfaction at the Driving School in CV Tulus Jaya (Head Office). European Exploratory Scientific Journal, 4(2), 13-24.

Rahayu, L. P., Abdillah, Y., & Mawardi, M. K. (2017). Pengaruh Green Marketing Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen (Survei Pada Konsumen The Body Shop Di Indonesia Dan Di Malaysia). Jurnal Administrasi Bisnis (JAB), 43(1), 121-131.

Rejeki, D. S., Fauzi D.H, A., & Yulianto, E. (2015). Pengaruh Green Marketing Pada Keputusan Pembelian Dan Implikasinya Terhadap Loyalitas Pelanggan (Studi pada Pelanggan Produk Ramah Lingkungan Kentucky Fried Chicken (KFC) Gerai Royal Plaza, Surabaya). Jurnal Administrasi Bisnis (JAB), 26(1), 1-7.

Rita, Hutomo, K., & Natalia. (2013). Electronic Word of Mouth (e-WOM) Foursquare: The New Social Media. BINUS Business Review, 4(2), 711-724.

Sangadji, M., & Sopiah. (2013). Perilaku Konsumen Pendekatan Praktis Disertai Himpunan Jurnal Penelitian. Yogyakarta: Penerbit ANDI.

Sani, A., Wiliani, N., & Husain, T. (2019). Spreadsheet Usability Testing in Nielsen’s Model among Users of ITSMEs to Improve Company Performance. European Journal of Scientific Exploration, 2(6), 1-9.

Santosa, A. D. (2020). Aplikasi AMOS 22.0: Dalam Analisis Structural Equation Modeling (Cetakan Kedua). Yogyakarta: Amara Books.

Santoso, B., Sani, A., Husain, T., & Hendri, N. (2021). VPN Site To Site Implementation Using Protocol L2TP And IPSec. TEKNOKOM : Jurnal Teknologi dan Rekayasa Sistem Komputer, 4(1), 30-36.

Saragih, H., & Husain, T. (2012, November). Pengaruh Fitur-Fitur Blog terhadap Continuance Intention to Visit Blogs pada Toko Online Multiply. Journal of Computer Information, 1(1), 5-18.

Sernovitz, A., Kawasaki, G., & Godin, S. (2015). Word of Mouth Marketing: How Smart Companies Get People Talking (4th Ed.). USA: PressBox Publishing.

Situmorang, J. R. (2011). Pemasaran Hijau yang Semakin Menjadi Kebutuhan dalam Dunia Bisnis. Jurnal Administrasi Bisnis, 7(2), 131-142.

Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Evaluasi: Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan Kombinasi. Bandung: CV. Alfabeta.

Sujarweni, W. (2014). Metodologi Penelitian: Lengkap, Praktis, dan Mudah Dipahami. Yogyakarta: PT Pustaka Baru.

Supriyadi, E. (2013). LISREL. Jakarta: Inmedia.

Tjiptono, F. (2019). Pemasaran Jasa: Prinsip, Penerapan, dan Penelitian (Cetakan 1) (II Ed.). Yogyakarta: Penerbit Andi.

Wijanto, S. (2008). Structural Equation Modelling dengan Lisrel 8.8. Yogyakarta: Graha Ilmu.




DOI: https://doi.org/10.36587/exc.v8i1.886

Article Metrics

Abstract views: 295 | Untitled views: 300

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


International Standard Serial Number
 

ISSN PRINT: 1979-2700 ISSN ONLINE: 2747-2833

Journal Excellent
 

Journal

Editorial Team
Focus and Scope
Peer Review Process
Publication Ethics
Screening for Plagiarism

Authors

Author Guidelines
Submission Guidelines
Online Submissions
Copyright Notice
Privacy Statement
Author Fees

Download

Author Pack
Article Template

 

Reviewer

Reviewer Guidelines
Reviewer Acknowledgement

 

Reader

General Search
Achieves
Author index
Title index

 

 

Excellent (print ISSN 1979-2700 and online ISSN 2747-2833) is published by the Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Adi Unggul Bhirawa, Indonesia. The content of this website is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License
 
©  ExcellentWeb Analytics ExcellentView Statistics