PENGARUH BRAND IMAGE, KUALITAS PRODUK, DAN HARGA TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN SEPATU CONVERSE DI SURAKARTA
(1) Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Adi Unggul Bhirawa Surakarta
(2) Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Adi Unggul Bhirawa Surakarta
(*) Corresponding Author
Abstract
Tujuan penelitian ini untuk mengetahui secara empiris pengaruh brand image, kualitas produk dan harga terhadap keputusan pembelian sepatu Converse di kota Surakarta. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif. Teknik pengambilan sampel menggunakan metode non probably sampling. Kemudian dilakukan analisis terhadap data-data yang diperoleh berupa analisis kuantitatif, uji asumsi klasik, regresi berganda, uji t, uji F an uji koefisien determinan (R2). Berdasarkan analisis persamaan regresi dapat diketahui pengaruh brand image, kualitas produk dan harga terhadap keputusan pembelian pada sepatu Converse di Surakarta. Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara parsial brand image berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian ditunjukkan dengan nilai signifikansi sebesar 0,000. Untuk variabel kualitas produk secara parsial berpengaruh positif dan tidak signifikan terhaap keputusan pembelian ditunjukkan dengan nilai signifikansi sebesar 0,224. Sedangkan untuk variabel harga secara parsial berpengaruh negatif dan signifikan terhadap keputusan pembelian ditunjukkan dengan nilai signifikansi sebesar 0,033. Secara simultan brand image, kualitas produk dan harga berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian ditunjukkan dengan nilai F signifikansi sebesar 0,000. Kemampuan variabel brand image, kualitas produk dan harga menjelaskan keputusan pembelian sebesar 35,9% sebagaimana ditunjukkan dengan besarnya adjusted R Square sebesar 0,359 sedangkan sisanya 64,1% dipengaruhi oleh variabl lain yang tidak dimasukkan kedalam model penelitian antara lain lokasi dan promosi. Variabel brand image adalah variabel yang paling dominan dari 3 variabel independen yang berpengaruh terhadap keputusan pembelian sepatu Converse di Surakarta, maka direkomendasikan agar perusahaan perlu lebih fokus mendorong peningkatan brand image agar keputusan pembelian meningkat.
Keywords
Full Text:
UntitledReferences
Arikunto, s. 2006. Metode penelitian kualitatif. Jakarta: Bumi Aksara
Arikunto, Suharsimi. 2003. Reliabilitas dan validitas SPSS. Yogyakarta: Pustaka Pelajar
Amstrong, dan Kotler 2003, Dasar-dasar Pemasaran, Jilid 1, Edisi Kesembilan, Penerbit PT. Indeks Gramedia, Jakarta
Bilson Simamora. 2008, Riset Pemasaran, Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Utamav
Basu Swastha.2002.Manajemen Pemasaran. Edisi Kedua. Cetakan Kedelapan. Jakarta: Penerbit Libert
Doni Defriansyah, Islahuddin Daud, Welly Nailis.2016. Pengaruh Citra Merek, Harga dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian Smartphone Samsung (Studi Kasus Pada Mahasiswa Universitas Sriwijaya Indralaya). Jurnal Bisnis dan Manajemen.
Engel, James F. Roger D. Blackwell dan Paul WMiniard, 2006,PerilakuKonsumen,(Alih Bahasa Budi Janto), Jilid I, Edisi Keenam, BinarupaAksara, Jakrta Barat
Ghozali, Imam. 2012. Aplikasi Analisis Multivariate Dngan Program SPSS. Semarang: Badan Penliti Universitas Diponegoro
Gaya Hidup,Citra Merek dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian Sepatu Snekears Merek Converse. Jurnal Administrasi Bisnis.
Handoko, T. Hani. 2002. Manajemen Edisi 23. Yogyakarta: BPFE.
J.Paul Peter & jerry c. Olson (2000). Consumer BehaviorPerilaku Konsumen2nd. ed. 4 Jakarta: .Penerbit Erlangga
Kotler, P., & Keller, K. L. (2009). Manajemen Pemasaran, (Edisi Ketiga Belas). Jakarta: Erlangga.
Kotler, Philip,.& Amstrong, Gary. (2017). Principles of Marketing. Pearson.
Mangkunegara, A. P. (2009). Perilaku Konsumen. Bandung: Rafika Aditama.
Marchiani, N. D., Hidayat, W.,& Dewi, R. S. (2014). Pengaruh Gaya Hidup, Citra Merek Dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian Sepatu Sneackers Merek Converse. Jurnal Administrasi Bisnis
Nugroho, 2005. Strategi Jitu Memilih Statistic Penelitian Engan SPSS, Andi Yogyakarta, Yogyakarta
Rao, Purba. 1996. Measuring consumer perception through factor analysis. The asianmanager. February-march, pp 28-23
Schiffman dan Kanuk. 2008. Perilaku konsumen. Edisi 7. Jakarta: Indeks
Sugiyono. 2002. Metode penelitian. Bandung: Alfabeta.
Swastha, B., & Handoko. (2010). Manajemen Pemasaran Analisa dan Perilaku Konsumen. Yogyakarta: BPFE.
Top Brand Award. (2017). Top Brand IndexLaptop 2017 dari http://www.topbrand-award.com/top-brand-survey/survey-result/top_brand_index_2017_fase_1Top Brand Award(2018).
Top Brand IndexLaptop 2018 dari http://www.topbrand-award.com/top-brand-survey/survey-result/top_brand_index_2018_fase_
DOI: https://doi.org/10.36587/exc.v8i1.911
Article Metrics


Refbacks
- There are currently no refbacks.
International Standard Serial Number |
Journal Excellent |
Excellent (print ISSN 1979-2700 and online ISSN 2747-2833) is published by the Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Adi Unggul Bhirawa, Indonesia. The content of this website is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License |
©  Excellent |