PENGARUH KUALITAS PRODUK, KUALITAS PELAYANAN DAN HARGA TERHADAP KEPUASAN KONSUMEN DI BAKSO DAN MIE AYAM PAK KUMIS WONOGIRI

Danu Setyo Nugroho(1*) , Endang Saryanti(2)


(1) STIE AUB Surakarta
(2) STIE AUB Surakarta
(*) Corresponding Author

Abstract


Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui pengaruh kualitas produk, kualitas pelayanan dan harga terhadap kepuasan konsumen Bakso dan Mie Ayam Pak Kumis Wonogiri. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini tak terhingga sehingga diambil 100 sampel. Teknik analisis data yang digunakan adalah regresi linear berganda. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa secara parsial Kualitas Produk berpengaruh positif dan signifikan terhadap Kepuasan Konsumen ditunjukan dengan nilai signifikansi  sebesar 0,002. Untuk variabel Kualitas Pelayanan secara parsial berpengaruh positif dengan nilai signifikansi sebesar 0, 000. Kemudian variabel Harga secara parsial berpengaruh psoitif dan signifikan terhadap Kepuasan Konsumen dengan nilai signifikansi sebesar 0,001. Kemampuan variabel Kualitas Produk, Kualitas Pelayanan dan Harga dalam menjelaskan Kepuasan Konsumen sebesar 78% sebagaimana ditunjukan dengan besarnya adjusted R square sebesar 0,0780 sedangkan sisanya 22% dipengaruhi faktor lain yang tidak dimasukan kedalam model penelitian ini.

Keywords


Kepuasan Konsumen; Kualitasi Produk; Kualitas Pelayanan dan Harga

Full Text:

PDF

References


Arikunto. 2006. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta: PT Rinekan Cipta

Assauri, Sofyan. 2012. Manajemen Pemasaran. Jakarta: Rajawali Gramedia Pustaka Utama.

Basu Swastha dan Ibnu Sukotjo. 2007. Pengantar Bisnis Modern. Edisi ke-3. Yogyakarta: Liberty

Basu Swastha. 2007. Manajemen Pemasaran Modern. Liberty Offset.Yogyakarta.

Daryanto dan Setyobudi Ismanto. 2014. Konsumen dan pelayanan Prima.Malang: Gava Media. Dwi Aryani, Febrina Rosinta. 2010. Jurnal Bisnis dan Birokrasi. Pengaruh Kualitas Layanan Terhadap Kepuasan Pelanggan dalam Membentuk Loyalitas Pelanggan Kentucky Fried Chicken (KFC), 17(2), 114-126.

Fandy Tjiptono dan Anastasia Diana. Total Quality Management, Edisi Revisi, Yogyakarta, Andi,2003.

Felita Sasongko, Dr. Hartono Subagio , S.E.,M.M. (2013). Jurnal Manajemen Pemasaran Petra Pengaruh Kualitas Layanan Terhadap Kepuasan Pelanggan Restoran Ayam Penyet Ria. 1(2), 1-7. Ghozali, Imam. 2009. Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program SPSS. Semarang; UNDIP.

Gujarati, Damodar. 2001. Ekonometrika Dasar. Jakarta: Erlangga

Hardiansyah. 2011. Kualitas Pelayanan Publik. Yogyakarta: Gava Media.

Kotler, Philip. 2000. Marketing Management, Analysis, Planning, Implementation and Control. Edisi ke-9. New Jersey: Prentice Hall

Kotler, Philip. 2009. Manajemen Pemasaran. Edisi ke-13. Jakarta: Erlangga.

Kotler, Philip and Gary Amstrong. 2012.Prinsip-prinsip Pemasaran. Edisi 13. Jilid 1.Jakarta: Erlangga

Kotler, P., & K.L. Keller. (2009). Manajemen Pemasaran Jilid 1. (Terjemahan Bob Sabran). Cetakan Ketigabelas. Jakarta: Erlangga. (Edisi asli diterbitkan tahun 2009 oleh Pearson Education Inc. New Jersey Upper

Kotler,P., & G. Amstrong. (2008). Prinsip-prinsip Pemasaran Jilid 1. (Terjemahan Bob Sabran). Edisi Keduabelas. Jakarta: Erlangga. (Edisi asli diterbitkan tahun 2008 oleh Pearson Education Inc.Pearson Prentice Hall). Saddle River).

Kotler, P., & K.L. Keller. (2009). Manajemen Pemasaran Jilid 2. (Terjemahan Bob Sabran). Cetakan Ketigabelas. Jakarta: Erlangga. (Edisi asli diterbitkan tahun 2009 oleh Pearson Education Inc. New Jersey Upper Saddle River).

Kuncoro, Mudjarat. 2001. Metode Kuantitatif: Teori dan Aplikasi untuk Bisnis dan Ekonomi. Yogyakarta: UPP-AMP YKPN.

Lupiyoadi, Rambat. 2011. Manajemen Pemasaran Jasa, Teori dan Praktik, UI, Press, Jakarta.

Monica Maria dan Mohamad Yasuk (2013) Pengaruh Manajemen Teori dan Terapan Kualitas Produk dan Kualitas Layanan terhadap Kepuasan Konsumen King Cafe., 6(1), 1-9.

Mullins, Orville. Larreche dan Boyd. 2005 Marketing Management: A Strategic Decision Making Approach. Ney York: Mc Graw-Hill.

Nadia Rizqiyatul Faizah, Sri Suryoko, Saryadi (2013). Jurnali Ilmu Administras Bisnis Pengaruh Harga, Kualitas Produk, dan Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Konsumen O-Mamamia Steak and Ice Cream Cabang Jati Semarang.2(2), 1-8

Pamela Montung, Jantje Sepang, Decky Adare (2015) Jurnal Berkala Ilmiah. Pengaruh Kualitas Produk, Kualitas Layanan, dan Persepsi Harga Terhadap Kepuasan Pelanggan di Restoran Kawan Baru. Jurnal Berkala Ilmiah, 15(5), 678- 689.

Philip Kotler. 2005. Manajemen Pemasaran. Jilid dan 2. Jakarta: PT Indeks

Rangkuti, Freddy. 2011. SWOT Balanced Scorecard. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama

Saladin, K. 2007. Integration and Control. Anathomy and Physiology: The Unity of Form and Function, Fourth Edition.United States of America: The McGraw-Hill Companies.

Simamora, Henry. 2000. Akuntansi Manajemen. Jakarta: Salemba Empat.

Sugiyono. 2009. Metode Penelitian Bisnis (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif,R dan D).Bandung: Alfabeta.

Tjiptono, Fandy. 1997. Brand Management Strategy, Jakarta

Tjiptono, Fandy. 2001. Manajemen Jasa. Edisi ke-2.Yogyakarta: Andi Offset.


Article Metrics

Abstract views: 1736 | PDF views: 1192

Refbacks

  • There are currently no refbacks.



©  Journal of Business and Management