Analisis Strategi Experiential Marketing, Emotional Branding Dan Brand Trust Terhadap Loyalitas Konsumen

Erlitawati Kaharudin(1*) , Alexander Nova Vernando(2) , Anang Tri Wahyono(3) , Riska Fita Saptyana(4) , Hesti Fajarsari(5)


(1) Akademi Entrepreneurship Terang Bangsa
(2) Akademi Entrepreneurship Terang Bangsa
(3) Akademi Entrepreneurship Terang Bangsa
(4) Akademi Entrepreneurship Terang Bangsa
(5) Akademi Entrepreneurship Terang Bangsa
(*) Corresponding Author

Abstract


Usaha dalam menanggulangi persaingan agar pangsa pasar serta loyalitas konsumen dapat ditingkatkan, maka perusahaan harus meningkatkan inovasi dan kekhasan produk agar merek tersebut tertanam dibenak konsumen. Oleh karena itu Just Coffee  Semarang menggunakan strategi pemasaran Experiental Marketing, Emotional Branding,  Brand Trust guna mendapatkan kesetiaan dari pelanggan Just Coffee .

Di penelitian ini, kuesioner disebar ke seratus responden di Just Coffee, dengan menggunakan metode purposive sampling. Data yang didapat dianalisis menggunakan  uji validitas,  uji reliabilitas, uji asumsi klasik, uji hipotesis lewat uji F, uji t, uji koefisiean determinasi (R2). Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis regresi linier berganda.

Dari hasil penelitian menunjukan, Experiental Marketing memiliki pengaruh positif signifikan pada loyalitas konsumen, Emotional Branding memiliki  pengaruh positif  signifikan pada loyalitas konsumen, dan Brand Trust memiliki pengaruh positif  signifikan pada loyalitas kosnumen.


Keywords


Experiental Marketing, Emotional Branding, Brand Trust, Loyalitas Konsumen

Full Text:

PDF

References


Fatmasari dan Dikdik. 2017. Implementasi Experiental Marketing Strategy Pada Perguruan Tinggi. Journal of Chemical Information and Modeling. Vol. 53, No. 9, h. 1689–1699.

Hutabarat, W. M. . dan B. Prabawani. 2020. Pengaruh Experiential Marketing Dan Sales Promotion Terhadap Loyalitas Pelanggan Dengan Kepuasan Pelanggan Sebagai Variabel Intervening Pada Pelanggan Go-Ride Semarang. jurnal Administrasi Bisnis.

Irwinsyah, H., H. Nurlatifah, P. Studi, M. Pemasaran dan F. Ekonomi. 2020. Analisis Pengaruh Brand Trust , Product Factor , dan Sales Promotion Terhadap Customer Loyalty Melalui Purchase Decision di Matahari Departement Store. Vol. 1, No. 1.

Manengkey, V. M., T. M. Tumbel dan J. A. F. Kalangi. 2019. Pengaruh Experiental Marketing Terhadap Loyalitas Pelanggan Kebun Strawberry D’MOOAT. Jurnal Administrasi Bisnis. Vol. 9, No. 1, h. 64.

Nainggolan, N. A., P. Studi, I. Administrasi, F. Ilmu, S. Dan, I. Politik dan U. S. Utara. 2018. ANALISIS PENGARUH EXPERIENTIAL MARKETING TERHADAP LOYALITAS PELANGGAN ( STUDI PADA PELANGGAN DOODLE BAR MEDAN ).

Saletti-cuesta, L.,dkk Editor, D. Version, M. P. D. F. Editor, D. Version, Anonymous dan IOTC. 2020. Sustainability (Switzerland). Vol. 4, No. 1, h. 1–9.

Srimulyo, K. dan A. Mardiyah. 2020. Pengaruh Emotional branding Terhadap Loyalitas Konsumen (Customer Loyalty) di Perpustakaan Universitas Airlangga Surabaya. JPUA: Jurnal Perpustakaan Universitas Airlangga: Media Informasi dan Komunikasi Kepustakawanan. Vol. 10, No. 2, h. 66.

Widiyanti, W. dan J. Retnowulan. 2018. Pengaruh Experiental Marketing Terhadap Loyalitas Pengunjung Taman Wisata Edukasi D ’ Kandang Depok. Vol. 2, No. 1, h. 64–73.

Yovita, L. I. dan P. N. Madiawati. 2019. Pengaruh Brand Image, Brand Awareness dan Brand Trust Terhadap Loyalitas Pelanggan Kental Manis Frisian Flag. Jurnal Manajemen. Vol. 6, No. 3, h. 6038–6044.

Zahra, ayub dan. 2020. No Title. Vol. 7, No. 2, h. 7341–7352.




DOI: https://doi.org/10.36587/probank.v8i2.1595

Article Metrics

Abstract views: 100 | PDF views: 55

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




 
©  ProBank: Jurnal Ekonomi dan Perbankan
View Probank Stats