SISTEM PEMUNGUTAN PAJAK KENDARAAN BERMOTOR MELALUI LAYANAN SAMSAT KELILING TERHADAP KEPATUHAN WAJIB PAJAK

Setyani Sri Haryanti(1*) , Kurniawan Aji Wijaya(2)


(1) STIE AUB Surakarta
(2) STIE AUB Surakarta
(*) Corresponding Author

Abstract


This study aims to analyze the effect of Tax Access, Facilities, Complain Centers and Websites on Taxpayer Compliance in Boyolali Regency. The population in this study are all Motor Vehicle Taxpayers registered in Boyolali Regency. The sampling technique uses a random sampling technique with a sample size of 100 respondents. The analysis technique consisted of validity test, reliability test, multicollinearity test, autocorrelation test, heteroscedasticity test, normality test, multiple linear analysis, t test, F test, and coefficient of determination. Hypothesis Test Results prove that Access to Tax, Facilities, Complaint Center, and Website have a positive and significant effect on Taxpayer Compliance. F test results prove that Access to Tax, Facilities, Complaint Center and Website together have a significant effect on Taxpayer Compliance. The results of the determination test (R2) prove that overall the effect exerted by the independent variable on the dependent variable was 31.3% while the remaining 68.7% was influenced by other variables or models not included in this study.


Keywords


Tax Access, Facilities, Complain Center, Websites, Tax Payer Compliance

Full Text:

Untitled

References


Agung, Gregorius. 2000. Membuat Homepage Interaktif Dengan CGI/Perl, Jakarta, PT. Elex Media Koputindo.

Agung, Kurniawan. 2005. Transformasi Pelayanan Publik, Yogyakarta, Pembaharuan.

Arianto, Sam, 2012.Sahabat Bersama : Pengertian Fasilitas Belajar, (Online), http://sobatbaru.blogspot.com.

Arikunto, Suharsimi. 2006.Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktek, Jakarta, Rineka Cipta. Azwar, Saifuddin. 2005. Metode Penelitian, Yogyakarta, Pustaka Pelajar.

Burhanudin, TR. 2009. Pendekatan, Metode, dan Teknik Penelitian Pendidikan, Purwakarta, UPI. Devano, Sony, dan Rahayu Kurnia. 2006, Perpajakan Konsep,Teori,dan Isu, Kakarta, PT. Kencana. Fandy, Tjiptono. 2004. Manajemen Jasa, Edisi Pertama. Yogyakarta, Andi Offset.

Gabriel Febri Ndae, Muhammad Saifi, dan Achmad Husaini. 2015. Pengaruh Sistem SAMSAT Corner Terhadap Peningkatan Pelayanan Pembayaran Pajak Kendaraan Bermotor (Studi Pada SAMSAT Corner Mall Sri Ratu Kediri). Jurnal Administrasi Bisnis-Perpajakan (JAB) Vol. 4 No. 1, http://perpajakan.studentjournal.ub.ac.id.

Ghozali, Imam. 2005.Aplikasi Analisis Multivariate dengan program SPSS, Semarang, Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

------------------,2006. Aplikasi Analisis Multivariate dengan program SPSS, Semarang, Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

------------------ 2011.Aplikasi Analisis Multivariat dengan Program IBM SPSS 19. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

Gunadi. 2005. Fungsi Pemeriksaan Terhadap Peningkatan Kepatuhan pajak (Tax Complience), Jurnal Perpajakan Indonesia Vol 4 No.5: 4-9.

Ismawan, Indra. 2000.Memahami Reformasi Perpajakan, Jakarta, PT. Elex Media Komputindo.

Keputusan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara No. 25 Tahun 2004 tentang Indeks Kepuasan Masyarakat.

Keputusan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara No. 63 Tahun 2003 tentang Pedoman Umum Penyelenggaraan Pelayanan Publik.

Keputusan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara No. 63 Tahun 2004 tentang Hakikat Pelayanan Publik. Lovelock and Wright. 2002.Principles of Service Marketing and Management, 2nd edition, Prentice Hall. Lukmanul, Hakim dan Uus Musalini. 2004. Cara Mudah Memadukan Web Design dan Web

Programming.Jilid I, Jakarta, PT. Elex Media Komputindo.

Mardiasmo. 2011. Perpajakan, Yogyakarta, Andi Offset.

Ni Luh Supadmo. 2006. Meningkatkan Kepatuhan Wajib Pajak Melalui Kualitas Pelayanan. http://ejournal.unud.ac.id / abstrak /supadmi.pdf. Diunduh 15 Oktober 2017.

Ostrom, E. and Schlager, E. 1996. The formation of property rightsdalam Suharjito, D. 2009. Devolusi Pengelolaan Hutan di Indonesia: Perbandingan Indonesia dan Philipina. Pemikiran Konseptual. JMHT Vol. XV, (3): 123–130, Desember 2009. ISSN: 2087-0469. Departemen Manajemen Hutan, Fakultas Kehutanan IPB, Bogor, Indonesia.

Peraturan Presiden Republik Indonesia. Nomor 5 Tahun 2015. TentangPenyelenggaraan Sistem Administrasi Manunggal Satu Atap Kendaraan Bermotor.

Republik Indonesia. 2008. Undang – undang Republik Indonesia Nomor 28 Tahun 2009 Tentang Perubahan atas Undang – undang Nomor 34 Tahun 2000 Tentang Pajak Daerah dan Retribusi Daerah. Jakarta: Sekertariat Negara.

Ribot, J. dan Peluso, N. 2003. A theory of access. Rural Sociology 68: 153–181.

Riskiyatur Rohemah, Nurul Kompyurini dan Emi Rahmawati. 2013. Analisis pengaruh implementasi layanan samsat keliling terhadap kepatuhan wajib pajak kendaraan roda dua, Pamekasan.

Sinambela, Lijan Poltak. 2005. Reformasi Pelayanan Publik. Jakarta, Bumi Aksara.

Stephanie Amelia Handayani Barus. 2016. Pengaruh Akses Pajak, Fasilitas, Sosialisasi Perpajakan dan Kualitas Pelayanan Terhadap Kepatuhan Wajib Pajak Kendaraan Bermotor. JOM Fekon Vol. 3 No.1.

Suandy, Erly. 2011. Hukum Pajak, Edisi 5, Jakarta, Salemba Empat.

Sugiyono. 2008. Metode Penelitian Bisnis,Bandung, Alfabeta.

Sugiyono. 2010. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, kualitatif, dan R&D, Bandung, Alfabeta.

Suryosubroto. 1998. Proses Belajar Mengajar Di Sekolah, Jakart, PT. Rineksa Cipta.

Undang-Undang Nomor 18 Tahun 1997 tentang Pajak daerah dan. Retribusi Daerah.

Undang-undang Nomor 28 Tahun 2007 tentang Ketentuan Umum dan Tata Cara Perpajakan. Widyaningsih, Aristanti. 2011. Hukum Pajak dan Perpajakan, Bandung, Alfabeta.




DOI: https://doi.org/10.36587/probank.v4i2.507

Article Metrics

Abstract views: 434 | Untitled views: 1025

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




 
©  ProBank: Jurnal Ekonomi dan Perbankan
View Probank Stats